Peringati Hut Bhayangkara, Bupati Abdya Jadi Ispektur Upacara Di Polres Abdya

Peringati Hut Bhayangkara, Bupati Abdya Jadi Ispektur Upacara Di Polres Abdya

- in Mitra Polisi, Polisi Kita
79
0

Tribratanewsresabdya.com –  1 Juli 1946 adalah tonggak lahirnya Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI). 72 tahun yang lalu, berdasarkan Penetapan Pemerintah No. 11/S.D. Tahun 1946, Polri yang pada mulanya berada di bawah Kementerian Dalam Negeri berubah menjadi bertanggung jawab langsung kepada Perdana Menteri ( Kepala Pemerintahan RI pada masa itu dengan sistem parlementer). Momentum itulah yang akhirnya menjadikan 1 Juli sebagai Hari Bhayangkara, hari lahir Polri.

Sebagai bangsa yang saat itu sedang berjuang, disamping bertugas sebagai penegak hukum, Polri juga ikut mengangkat senjata, bertempur, dan berjuang mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia. 10 November 1946 adalah salah satu bukti dimana Polri, melalui Satuan Mobile Brigade/Mobrig (masa sekarang dikenal dengan istilah Brigade Mobile/Brimob) ikut berperang melawan Bangsa Barat yang berusaha untuk kembali menguasai Indonesia.

Usia Polri telah menginjak angka 72 tahun. Hari ini, Rabu (11/07/2018), di seantero Indonesia, Polri merayakan hari jadinya. Upacara peringatan Hari Bhayangkara tahun 2018 terpaksa dihelat tidak tepat di hari jadinya dikarenakan Polri sedang melaksanakan pengamanan beberapa agenda besar Nasional, di antaranya adalah Pilkada Serentak tahun 2018. Di tengah-tengah kesibukannya, Polri menggelar Upacara Peringatan Hari Bhayangkara Ke-72.

Begitu pula di Polres Abdya hari ini, personel Polri di wilayah  merayakan ulang tahunnya, Polres Abdya melaksanakan berbagai macam kegiatan baik perlombaan maupun bakti masyarakat. Hal ini sebagai wahana untuk memeriahkan peringatan Hari Bhayangkara Ke-72.

Bertempat di halaman Polres Abdya, personel Polres  dan tamu undangan dengan khidmat mengikuti rangkaian Upacara Hari Bhayangkara Ke-72. Dalam upacara tersebut, bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Bupati Abdya Akmal Ibrahim, SH.

Dalam upacara Hari Bhayangkara kali ini, Presiden Republik Indonesia melalui amanat yang dibacakan oleh Inspektur Upacara, memberikan apresiasi kepada personel Polri di seluruh wilayah Indonesia atas dedikasinya dalam pengamanan pilkada serentak yang dapat berjalan kondusif, begitu pula dengan arus mudik-balik Lebaran kemarin yang dinilai lancar.

“Dunia Internasional telah menetapkan Indonesia kedalam daftar 10 negara teraman di dunia. Ini tidak lepas dari seluruh kerja keras elemen bangsa ini. Yang di dalamnya ada peran besar dan kerja keras Polri. Tentunya ini adalah suatu yang membanggakan. Saya mewakili seluruh rakyat bangsa ini mengucapkan terima kasih atas dedikasi Polri selama ini,” demikian sepenggal amanat Presiden RI dalam Upacara Peringatan Hari Bhayangkara Ke-72.

“Saya berpesan, Polri harus tetap membangkitkan rasa persaudaraan, menggalang kerukunan dan persatuan antar elemen masyarakat sehingga kita tidak terjebak dalam lingkaran kebencian dan permusuhan. Sekali lagi saya ucapkan, Dirgahayu Bhayangakara, terus tegaklah menjadi Rastra Sewakottama, Abdi utama nusa dan bangsa,” demikian akhir amanat Presiden RI.

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

SAWEU KEUDEU KUPI, KAPOLSEK MANGGENG SOSIALISASIKAN SABER PUNGLI

Tribratanewsresabdya.com – Kapolsek Manggeng IPDA BARMAWI didampingi Kasium